Kamis, 22 Maret 2012

Motivasi


Kita datang ke dunia ini sendiri, dan sendiri pula kita meninggalkannya. Di antara pintu masuk dan pintu keluar, kita menghabiskan waktu lain untuk mencari persahabatan. (E.M. Dooling)

Sahabatmu adalah kebutuhan jiwamu yang terpenuhi. Dialah ladang hatimu, yang dengan kasih kau taburi dan kau pungut buahnya penuh rasa terima kasih. Kau menghampirinya di kala hati gersang kelaparan, dan mencarinya di kala jiwa membutuhkan kedamaian. Janganlah ada tujuan lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya jiwa. (Kahlil Gibran)

Motivasi

Sahabat paling baik dari kebenaran adalah waktu, musuhnya yang paling besar adalah prasangka, dan pengiringnya yang paling setia adalah kerendahan hati.
(Caleb CC.) 

Motivasi

Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari teman. Namun yang lebih lemah dari itu adalah orang yang mendapatkan banyak teman tetapi menyia-nyiakannya. 
(Ali bin Abi Thalib) 

Selasa, 13 Maret 2012

Kata Motivasi


Cinta adalah ketika kamu yakin bahwa dirimu telah melupakannya, kamu masih menemukan dirimu peduli padanya.



Ketika tulus mencinta, kamu tak akan menyerah. Kamu mungkin lelah, tapi kamu tetap berusaha, karena cinta selalu temukan cara.


Jika kita mencintai seseorang, berusahalah cintai kekurangannya, bukan hanya mengubahnya seperti yang kita mau. 

Kata Motivasi

Berhenti berusaha tuk jadi yg sempurna. Temukan dia yg tahu semua kelemahanmu tapi tetap ingin menjadi bagian hidupmu. 

Kata Motivasi

Miliki hati yg tak pernah membenci, senyuman yg tak pernah menyakiti dan kasih sayang yg tak pernah berakhir.

KATA MOTIVASI

Hal yg harus kamu ingat dalam hidup adalah segala sesuatu tak harus sempurna bagimu untuk menjadi bahagia.

Kata Motivasi

Hargailah mereka yg telah berkata jujur kepadamu, karena bagi beberapa orang, mereka lebih suka mengatakan apa yg ingin kamu dengar.

Senin, 05 Maret 2012

Syirik yang Sering Diucapkan


Kaum muslimin yang semoga selalu mendapatkan taufiq Allah Ta’ala. Kita semua telah mengetahui bahwa Allah adalah satu-satunya Rabb (Tuhan) alam semesta, Yang menciptakan kita dan orang-orang sebelum kita, Yang menjadikan bumi sebagai hamparan untuk kita mencari nafkah, dan Yang menurunkan hujan untuk menyuburkan tanaman sebagai rizki bagi kita. Setelah kita mengetahui demikian, hendaklah kita hanya beribadah kepada Allah semata dan tidak menjadikan bagi-Nya tandingan/sekutu dalam beribadah. Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” (Al Baqarah [2]: 22)


Lebih samar dari jejak semut di atas batu hitam di tengah kegelapan malam

Sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma –yang sangat luas dan mendalam ilmunya- menafsirkan ayat di atas dengan mengatakan, ”Yang dimaksud membuat sekutu bagi Allah (dalam ayat di atas, pen) adalah berbuat syirikSyirik adalah suatu perbuatan dosa yang lebih sulit (sangat samar) untuk dikenali  daripada jejak semut yang merayap di atas batu hitam di tengah kegelapan malam.”

Kemudian Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma mencontohkan perbuatan syirik yang samar tersebut seperti, ‘Demi Allah dan demi hidupmu wahai fulan’, ‘Demi hidupku’ atau ‘Kalau bukan karena anjing kecil orang ini, tentu kita didatangi pencuri-pencuri itu’ atau ‘Kalau bukan karena angsa yang ada di rumah ini tentu datanglah pencuri-pencuri itu’, dan ucapan seseorang kepada kawannya ‘Atas kehendak Allah dan kehendakmu’, juga ucapan seseorang ‘Kalau bukan karena Allah dan karena fulan’. Akhirnya beliau radhiyallahu ‘anhuma mengatakan, ”Janganlah engkau menjadikan si fulan (sebagai sekutu bagi Allah, pen)  dalam ucapan-ucapan tersebut. Semua ucapan ini adalah perbuatan SYIRIK.” (HR. Ibnu Abi Hatim) (Lihat Kitab Tauhid, Syaikh Muhammad At Tamimi) Itulah syirik. Ada sebagian yang telah diketahui dengan jelas seperti menyembelih, bernadzar, berdo’a, meminta dihilangkan musibah (istighotsah) kepada selain Allah. Dan terdapat pula bentuk syirik (seperti dikatakan Ibnu Abbas di atas) yang sangat sulit dikenali (sangat samar). 

Syirik seperti ini ada 2 macam.
Pertama, syirik dalam niat dan tujuan. Ini termasuk perbuatan yang samar karena niat terdapat dalam hati dan yang mengetahuinya hanya Allah Ta’ala. Seperti seseorang yang shalat dalam keadaan ingin dilihat (riya’) atau didengar (sum’ah) orang lain. Tidak ada yang mengetahui perbuatan seperti ini kecuali Allah Ta’ala.

Kedua, syirik yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Syirik seperti ini adalah seperti syirik dalam ucapan (selain perkara i’tiqod/keyakinan). Syirik semacam inilah yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Karena kesamarannya lebih dari jejak semut yang merayap di atas batu hitam di tengah kegelapan malam. Oleh karena itu, sedikit sekali yang mengetahui syirik seperti ini secara jelas. (Lihat I’anatul Mustafid bisyarh Kitabut Tauhid, hal. 158, Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan)

Berikut ini akan disebutkan beberapa contoh syirik yang masih samar, dianggap remeh, dan sering diucapkan dengan lisan oleh manusia saat ini.

Mencela makhluk yang tidak dapat berbuat apa-apa

Perbuatan seperti ini banyak dilakukan oleh kebanyakan manusia saat ini –barangkali juga kita-. Lidah ini begitu mudahnya mencela makhluk yang tidak mampu berbuat sedikit pun, seperti di antara kita sering mencela waktu, angin, atau pun hujan. Misalnya dengan mengatakan, ‘Bencana ini bisa terjadi karena bulan ini adalah bulan Suro’ atau mengatakan ‘Sialan!Gara-gara angin ribut ini, kita gagal panen’ atau dengan mengatakan pula, ‘Aduh!! hujan lagi, hujan lagi’.

Lidah ini begitu mudah mengucapkan perkataan seperti itu. Padahal makhluk yang kita cela tersebut tidak mampu berbuat apa-apa kecuali atas kehendak Allah. Mencaci mereka pada dasarnya telah mencaci, mengganggu dan menyakiti yang telah menciptakan dan mengatur mereka yaitu Allah Ta’ala.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Allah Ta’ala berfirman, ‘Manusia menyakiti Aku; dia mencaci maki masa (waktu), padahal Aku adalah pemilik dan pengatur masa, Aku-lah yang mengatur malam dan siang menjadi silih berganti.’ ” (HR. Bukhari dan Muslim). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,”Janganlah kamu mencaci maki angin.” (HR. Tirmidzi, beliau mengatakan hasan shohih)

Dari dalil-dalil ini terlihat bahwa mencaci maki masa (waktu), angin dan makhluk lain yang tidak dapat berbuat apa-apa adalah terlarang. Larangan ini bisa termasuk syirik akbar (syirik yang mengeluarkan seseorang dari Islam) jika diyakini makhluk tersebut sebagai pelaku dari sesuatu yang jelek yang terjadi. Meyakini demikian berarti meyakini bahwa makhluk tersebut yang menjadikan baik dan buruk dan ini sama saja dengan menyatakan ada pencipta selain Allah. Namun, jika diyakini yang menakdirkan adalah Allah sedangkan makhluk-makhluk tersebut bukan pelaku dan hanya sebagai sebab saja, maka seperti ini termasuk keharaman, tidak sampai derajat syirik. Dan apabila yang dimaksudkan cuma sekedar pemberitaan, -seperti mengatakan,’Hari ini sangat panas sekali, sehingga kita menjadi capek’-, tanpa tujuan mencela sama sekali maka seperti ini tidaklah mengapa.


Bersumpah dengan menyebut nama selain Allah

Bersumpah dengan nama selain Allah juga sering diucapkan oleh orang-orang saat ini, seperti ucapan, ‘Demi Nyi Roro Kidul’ atau ‘Aku bersumpah dengan nama …’. Semua perkataan seperti ini diharamkan bahkan termasuk syirik. Karena hal tersebut menunjukkan bahwa dalam hatinya mengagungkan selain Allah kemudian digunakan untuk bersumpah. Padahal pengagungan seperti ini hanya boleh diperuntukkan kepada Allah Ta’ala semata. Barangsiapa mengagungkan selain Allah Ta’ala dengan suatu pengagungan yang hanya layak diperuntukkan kepada Allah Ta’ala, maka dia telah terjatuh dalam syirik akbar (syirik yang mengeluarkan seseorang dari Islam). Namun, apabila orang yang bersumpah tersebut tidak meyakini keagungan sesuatu yang dijadikan sumpahnya tersebut sebagaimana keagungan Allah Ta’ala, maka dia telah terjatuh dalam syirik ashgor (syirik kecil yang lebih besar dari dosa besar).

Berhati-hatilah dengan bersumpah seperti ini karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda yang artinya,”Barangsiapa bersumpah dengan nama selain Allah, maka ia telah berbuat kekafiran atau kesyirikan.” (HR. Tirmidzi dan Hakim dishahihkan Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jaami’)

Menyandarkan nikmat kepada selain Allah

Perbuatan ini juga dianggap sepele oleh kebanyakan orang saat ini. Padahal menyandarkan nikmat kepada selain Allah termasuk syirik dan kekufuran kepada-Nya. Allah Ta’ala mengatakan tentang orang yang mengingkari nikmat Allah dalam firman-Nya yang artinya, ”Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang kafir.” (An Nahl: 83)

Menurut salah satu penafsiran ayat ini : ‘Mereka mengenal berbagai nikmat Allah (yaitu semua nikmat yang disebutkan dalam surat An Nahl) dengan hati mereka, namun lisan mereka menyandarkan berbagai nikmat tersebut kepada selain Allah. Atau mereka mengatakan nikmat tersebut berasal dari Allah, akan tetapi hati mereka menyandarkannya kepada selain Allah’.

Menyandarkan nikmat kepada selain Allah termasuk syirik karena orang yang menyadarkan nikmat kepada selain Allah berarti telah menyatakan bahwa selain Allah-lah yang telah memberikan nikmat (ini termasuk syirik dalam tauhid rububiyah). Dan ini juga berarti dia telah meninggalkan ibadah syukur. Meninggalkan syukur berarti telah menafikan (meniadakan) tauhid. Setiap hamba mempunyai kewajiban untuk bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.

Contoh dari hal ini adalah mengatakan ‘Rumah ini adalah warisan dari ayahku’. Jika memang cuma sekedar berita tanpa melupakan Sang Pemberi Nikmat yaitu Allah, maka perkataan ini tidaklah mengapa. Namun, yang dimaksudkan termasuk syirik di sini adalah jika dia mengatakan demikian dan melupakan Sang Pemberi Nikmat yaitu Allah Ta’ala.

Marilah kita berusaha tatkala mendapatkan nikmat, selalu bersyukur pada Allah dengan memenuhi 3 rukun syukur, yaitu: [1] Mensykuri nikmat tersebut dengan lisan, [2] Mengakui nikmat tersebut berasal dari Allah dengan hati, dan [3] Berusaha menggunakan nikmat tersebut dengan melakukan ketaatan kepada Allah.  (Lihat I’anatul Mustafid, hal. 148-149 dan Al Qoulul Mufid ‘ala Kitabit Tauhid, II/93)


Perbaikilah Diri

Jarang sekali manusia mengetahui bahwa hal-hal di atas termasuk kesyirikan dan kebanyakan orang selalu menyepelekan hal ini dengan sering mengucapkannya . Padahal Allah Ta’ala telah berfirman yang artinya, ”Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik, dan dia mengampuni dosa yang berada di bawah syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. (QS. An Nisa [4]: 116).

Oleh karena itu, sangat penting sekali bagi kita untuk mempelajari aqidah di mana perkara ini sering dilalaikan dan jarang dipelajari oleh kebanyakan manusia. Aqidah adalah poros dari seluruh perkara agama. Jika aqidah telah benar, maka perkara lainnya juga akan benar. Jika aqidah rusak, maka perkara lainnya juga akan rusak.

Hendaknya pula kita memperbaiki diri dengan selalu memikirkan terlebih dahulu apa yang kita hendak ucapkan. Ingatlah sabda Nabi yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Boleh jadi seseorang mengucapkan suatu kata yang diridhai Allah namun tidak ia sadari, sehingga karena ucapannya ini Allah mengangkat derajatnya. Namun boleh jadi seseorang mengucapkan suatu kata yang dimurkai Allah dan tidak ia sadari, sehingga karena ucapannya ini Allah memasukkannya dalam neraka.” (HR. Bukhari)

Jika kita sudah terlanjur melakukan syirik yang samar ini, maka leburlah dengan do’a yang pernah diucapkan Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam: ’Allahumma inni a’udzubika an usyrika bika sya’an wa ana a’lamu wa astaghfiruka minadz dzanbilladzi laa a’lamu’ (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan menyukutakan-Mu dengan sesuatu padahal aku mengetahuinya. Aku juga memohon ampunan kepada-Mu dari kesyirikan yang tidak aku sadari) (HR. Ahmad).

sumber : www.muslim.or.id 

Oleh: M. Abduh Tuasikal

Minggu, 04 Maret 2012

Strategi Sukses Bisnis dan Entrepreneurship Rasulullah SAW part 2 - selesai

Sebelum Menikah Sudah Berbisnis 

Ketika merintis karir di bidang bisnis, beliau mulai berdagang kecil-kecilan di kota Makkah. Muhammad Saw membeli barang-barang dari suatu pasar, lalu menjualnya kepada orang-orang. Fakta ini kian menegaskan; pekerjaan sebagai pedagang sudah dilakukan oleh Muhammad Saw, jauh sebelum beliau menikah dengan Khadijah. Muhammad Saw sempat menerima modal dari para investor serta anak-anak yatim yang tidak sanggup menjalankan sendiri dana peninggalan orang tuanya. Mereka sangat mempercayai Muhammad Saw untuk menjalankan bisnis dengan uang mereka berdasarkan kerja sama mudha-rabah.


Mudharabah adalah akad kerja sama antara dua pihak dalam suatu usaha atau proyek tertentu. Pihak pertama (ma-lik, sha-hib al-ma-l) menyediakan seluruh modal; pihak kedua (‘a-mil, mudha-rib, nasabah) bertindak selaku manajer atau pengelola. Keuntungan usaha dibagi sesuai kesepakatan yang dituangkan dalam kontrak. Tetapi, jika terjadi kerugian akan ditinjau secara adil. Seandainya kerugian timbul akibat risiko bisnis, akibat cuaca, gempa, atau force majeur lainnya, maka akan ditanggung oleh pemilik modal. Namun bila kerugian karena keteledoran atau kecurangan pengelola usaha, maka si pengelola atau manajer wajib bertanggung jawab atas kerugian tersebut.



Integritas Berdagang Nabi Muhammad SAW

Dalam menjalankan bisnisnya, Muhammad Saw menghiasi diri dengan kedisiplinan, memperkaya dengan kejujuran, keteguhan memegang janji, dan sifat-sifat mulia lainnya. Tidak mengherankan apabila penduduk Makkah mempercayai sosoknya dan menggelari Muhammad Saw sebagai Al-ami-n (orang yang terpercaya).

Sebuah riwayat menceritakan, Rabi bin Badr pernah melakukan kerja sama dagang dengan Muhammad Saw. Tatkala mereka bertemu kembali, Muhammad Saw bertanya, ”Apakah Anda mengenaliku?” Ia menjawab, ”Kau pernah menjadi mitraku dan mitra yang paling baik pula. Engkau tidak pernah menipuku dan tidak berselisih denganku. ”

Para pemilik modal di Makkah semakin banyak yang membuka peluang kemitraan dengan Muhammad Saw. Salah seorang diantaranya adalah Khadijah yang menawarkan kemitraan berdasarkan mudha-rabah. Khadijah bertindak sebagai pemodal (shahibul ma-l), sedangkan Muhammad Saw sebagai pengelola (mudha-rib).

INBOX
Sebelum menikah dengan Khadijah, Muhammad telah berdagang-sebagai agen dagang Khadijah ke Syiria, Palestina, Yaman, Bahrain dan tempat-tempat lainnya. Banyak agen yang telah dipekerjakan oleh wanita itu sebelum Nabi. Namun tak seorangpun yang bekerja lebih memuaskan disbanding beliau. Khadijah merasa senang dengan kejujuran, integritas, sikap baik dan kemampuan berdagang Nabi sehingga sifat-sifat ini menimbulkan rasa cinta yang suci dalam diri Khadijah.


Wilayah Perdagangan Yang Dikunjungi Muhammad SAW

Wilayah perdagangan yang dikunjungi Muhammad Saw meliputi Yaman, Syria, Busra, Iraq, Yordania, Bahrain, dan kota-kota perdagangan di Jazirah Arab lainnya. Menurut satu riwayat, sebelum menikah, beliau menjadi manajer perdagangan Khadijah ke pusat perdagangan di Yaman. Muhammadpun empat kali memimpin ekspedisi perdagangan ke Syria dan Jerash di Yordania.

Pusat perdagangan dan turisme Jerash Festival (Mahrajan Jerash) saat ini

Pusat perdagangan dan turisme Jerash Festival (Mahrajan Jerash)  saat ini 

Selain gigih, Muhammad Saw memang pandai dalam berdagang. Tatkala menjual barang dagangannya di pasar-pasar di Busra, misalnya, beliau memperoleh keuntungan dua kali lipat dibandingkan para pedagang lainnya. Itulah sebabnya Khadijah memberikan bagian keuntungan yang lebih besar daripada yang telah mereka berdua sepakati sebelumnya. (Al-Shalabi: 2004)


Wilayah Perdagangan Yang Dikunjungi Muhammad SAW

Dari catatan Afzalurrahman dikemukakan, Muhammad Saw menerima upah seperti dalam bentuk unta. Hal ini sebagaimana diriwayatkan Allamah Zahabi, bahwa beliau melakukan dua kali perjalanan dagang untuk Khadijah dan mendapat upah dua ekor unta betina dewasa. Kecerdikan Muhammad Saw tampak pula ketika melakukan perjalananan dagang ke Yaman bersama Maysarah, pembantu laki-laki Khadijah. Di samping menjual dagangannya, beliau sengaja mendatangi sentra garmen dan tekstil di sana, kemudian membeli bahan kain dan pakaian jadi untuk di jual di Makkah.


Kompetensi Muhammad SAW dalam Berdagang

Pengenalan wilayah dagang merupakan bagian dari “modal” kompetensi Muhammad  SAW dalam berdagang

Dagangan di pasar-pasar tua Arabia.

Kehandalan Muhammad Saw dalam berbisnis, ditunjang oleh pengetahuannya yang luas mengenai wilayah tujuan dagang yang strategis. Tatkala menjejakkan kakinya ke Bahrain, umpamanya, menurut satu riwayat Imam Ahmad, Muhammad Saw pernah menerima utusan salah satu kabilah dari Bahrain. Kepada utusan itu beliau menanyakan; siapa pemimpinnya? Utusan tersebut menjawab; pemimpinnya adalah Al-Ashajj.

Setelah Muhammad Saw bertemu Al-Ashajj, beliau bertanya kepadanya berbagai hal dan mengenai orang-orang terkemuka. Muhammad Saw pun menyinggung perihal kota-kota perdagangan di Bahrain seperti Safa, Mushaqqar, dan Hijar. Al-Ashajj sangat terkejut dengan luasnya wawasan geografis dan pengetahuan tentang sentra-sentra komersial Muhammad Saw. Katanya, “Sungguh! Anda lebih tahu tentang negeri saya dari pada saya sendiri. Anda juga lebih banyak mengenal kota-kota di negeri saya dari pada yang saya ketahui. ”Lalu Muhammad Saw berkata, “Saya mendapat kesempatan menjelajahi negeri Anda, dan saya telah diperlakukan dengan baik. Di usia muda, Muhammad Saw memang sudah menjadi pedagang regional karena daerah perdagangannya meliputi hamper seluruh Jazirah Arab.


Setelah Menikah Tetap Berbisnis

Afzalurrahman (2000) mencatat; setelah menikah, Muhammad Saw tetap melanjutkan usaha perdagangannya. Di masa itu, beliau bertindak sebagai mitra dalam usaha istrinya. Beliau melakukan perjalanan bisnis ke berbagai pusat perdagangan di seluruh penjuru negerinya dan negeri-negeri tetangga.

Tidak banyak catatan sejarah yang merekam usaha perdagangan dan perjalanan bisnis yang dilakukan Muhammad Saw setelah menikah. Tetapi, sebagaimana dinyatakan lebih lanjut oleh Afzalurrahman, terdapat catatan tentang hubungan dagang beliau dengan berbagai macam orang. Hal ini member petunjuk bahwa beliau tetap menggeluti bidang perdagangan setelah menikah.

Satu hal yang berbeda, sebelum menikah, Muhammad Saw sebagai project manager bagi Khadijah. Setelah menikah, beliau menjadi joint owner dan supervisor bagi agen-agen perdagangan Khadijah.

Dalam ilmu entrepreneurship, yang dilakukan Muhammad Saw pasca menikah merupakan suatu lompatan dari quadran pekerja pindah menjadi quadran business owner dan co-investor. Muhammad Saw telah mengaplikasikan suatu teori seperti yang pernah disarankan Robert T. Kiyosaki, teori cashflow quadrant. Uniknya teori tersebut baru dikemukakan sekitar 135 abad kemudian. Perbedaan lain Robert T. Kiyosaki memilih untuk menjadi self employed dengan berprofesi sebagai business network consultant dan book writer bukan sebagai trader dan business investor berskala regional atau global.

Source: RoberT kiyosaki, Cash-flow Quadrant,dengan modifikasi

Sejumlah hadits yang memberikan tuntunan perdagangan menunjukkan bahwa Muhammad Saw mengetahui seluk-beluk bisnis. Beliau memahami strategi supaya perdagangan bisa berhasil. Beliau mengetahui sifat dan perilaku yang merusak atau menghambat bisnis perdagangan. Lebih dari itu, Muhammad Saw memahami berbagai hal yang merusak system pasar secara keseluruhan, seperti kecurangan timbangan, menyembunyikan cacat barang yang dijual, riba, gharar, dan sebagainya. Beliau telah membuktikan; kesuksesan dalam bisnis dapat dicapai tanpa menggunakan cara-cara terlarang.

Catatan yang menegaskan bahwa Muhammad Saw tetap menekuni dunia bisnis setelah menikah, didukung dengan sifat kemandirian beliau yang telah tertanam sejak kecil. Apalagi, sekurang-kurangnya, tercatat tiga perjalanan dagang beliau yang sempat diberitakan pasca pernikahannya dengan Khadijah; ke Yaman, Najed, dan Najran. Di samping melakukan perjalanan dagang ke kota-kota lain, beliau terlibat urusan dagang selama musim haji, misalnya di pasar Ukaz dan Dzul Majaz. Beliaupun sibuk mengurus perdagangan grosir di kota Makkah.


Pusat Perdagangan Arab Masa Jahiliyah

Pusat-pusat perdagangan Arab pra Islam dan awal masa Islam yang sebagiannya telah dikunjungi Muhammad Saw.

Pusat-PusatPerdaganganArab MasaJahiliyah


Semasa Muhammad Saw berdagang, sudah terdapat pusat-pusat perdagangan yang dikunjungi para pedagang dari arah timur dan selatan. Sebagai seorang pedagang, besar kemungkinan beliaupun mendatangi pasar-pasar itu berulang kali seperti halnya para pedagang Quraisy lain. Hal ini dilakukan demi mengembangkan serta mempertahankan langganan dan mitra bisnis.

Pusat-pusat perdagangan Arab yang sudah ada sebelum kedatangan Islam itu antara lain; Daumatul Jandal, Al-Mushaqqar (Bahrainal-Ahsa), Suhar (Oman) , Daba (Oman), Shihratau Shihr Mahrah Bukit (diUhud), Souq Aden (Yaman), Souq San a(Yaman), Al-Rabiyah (Hadramaut), Ukaz (diArafah), Zil Majaz, Mina, An-Natah (diKhaibar), dan Al-Hijr (Al-Yamamah). Ketika di Madinah, Muhammad Saw sendiri yang membangun pasar berorientasi syariat Islam. Pasar ini bukanlah seperti pasar yang dikuasai orang-orang Yahudi seperti halnya Pasar Qainuqa' dulu (Qardhawi:1993). Pasar tersebut langsung diawasi oleh Rasulullah. Beliau menertibkan segala sesuatunya, mengurus, serta member bimbingan dan pengarahan kepada masyarakat setempat. Tujuannya adalah supaya tidak ada lagi segala bentuk transaksi yang menyimpang dari ajaran Islam seperti penipuan, pengurangan timbangan, penimbunan, dan yang lainnya.


 Sumber: Antonio, Muhammad Syafii, Muhammad: the Super Leader Super Manager, ProLm&TazkiaPublishing, 2009, hal.

Perjalanan karir Muhammad Saw di bidang perdagangan sebagaimana tertera dalam tabel diatas dapat disimpulkan sebagai berikut: Pada usia 12 tahun, Muhammad Saw telah mengenal perdagangan yang dapat diistilahkan dengan magang (internship). Hal ini terus dilakukan sampai usia 17 tahun ketika beliau telah mulai membuka usaha sendiri. Pada usia ini beliau sudah menjadi seorang business manager. 

Dalam perkembangan selanjutnya, ketika pemilik modal Makkah mempercayakan pengelolaan perdagangan mereka kepada Muhammad Saw beliau menjadi seorang investment manager. Saat berusia 25 tahun dan menikah dengan Khadijah, Muhammad Saw tetap mengelola perdagangannya sebagai mitra bisnis Khadijah. Dengan demikian beliau termasuk sebagai business owner. 

Menginjak usia 30-an, Muhammad Saw menjadi seorang investor dan mulai memiliki banyak waktu untuk memikirkan kondisi masyarakat. Pada saat ini Muhammad Saw sudah mencapai apa yang disebut sebagai kebebasan uang (financial freedom) dan waktu. Sejak itulah beliau mulai sering menyendiri (tahannuts) ke Gua Hira. Hal ini dilakukan hingga mendapat wahyu pertama pada usia 40 tahun. Periode baru dalam hidup Muhammad Saw sebagai seorang Nabi dan Rasul dimulai.


Periode Kehidupan Muhammad SAW

Dari tabel diatas, dapat disimpulkan bahwa masa kehidupan Muhammad Saw meliputi empat periode seperti tertuang dalam tabel:


INBOX

Perhatian terhadap aspek bisnis Muhammad Saw semakin mengemuka seiring dengan munculnya kembali konsep ekonomi Islam. Selain membangun kerangka teori ekonomi Islam dan berbagai aspeknya, juga dicari tokoh yang dapat dijadikan teladan dalam pengelolaan sumber-sumber ekonomi. NabiMuhammad Saw merupakan figure yang tepat dijadikan sebagai teladan dalam bisnis dan perilaku ekonomi. Beliau tidak hanya memberikan tuntunan dan pengarahan tentang bagaimana kegiatan ekonomi dilaksanakan, tetapi beliau memberikan suri tauladan dan model yang sukses karena telah mengalami sendiri menjadi seorang pengelola bisnis atau wirausaha.

ARTI WARNA


Warna ternyata bisa bicara banyak mengenai karakter, watak, sifat dan kepribadian seseorang. Warna pakaian yang Anda pilih ternyata menyampaikan pesan pada orang di sekeliling. Pesan itu bisa berarti menyejukkan, menggoda, gembira, atau menakutkan. Beberapa contoh psikologi warna dalam kehidupan sehari-hari misalnya, petugas keamanan yang memakai warna biru tua menyampaikan pesan berwibawa dan berkuasa, juru rawat yang memakai seragam warna hijau pupus menyiratkan kesan tenang dan damai.

Warna Hangat

MERAH
Merah adalah warna yang punya banyak arti, mulai dari cinta yang menggairahkan hingga kekerasan perang. Warna ini tak cuma mempengaruhi psikologi tapi juga fisik. Penelitian menunjukkan menatap warna merah bisa meningkatkan detak jantung dan membuat kita bernapas lebih cepat. Serta mengurangkan tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah. Warna ini mempunyai pengaruh produktivitas, perjuangan, persaingan dan keberanian serta kuat, berani, percaya diri, gairah, ketidaksabaran, kemarahan, peringatan dan bahaya.

Sifat dan karakter cowok penyuka Merah Terang
Warna ini melambangkan kekuatan kemauan atau cita-cita. Sifatnya : Agresif, Aktif, Eksentrik. Pengaruhnya : Berkemauan keras, penuh gairah, dominasi, jantan.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Merah
Termasuk tipe yang sangat berwibawa dan juga senang mengayomi teman yang lemah. Walau sering kali bergaul dan bercanda tapi wanita tersebut bisa menahan diri. Banyak pria mengatakan cinta, tapi mereka selalu berpikir dan berpikir lagi. Wanita ini termasuk tipe yang sulit jatuh cinta.

Kapan dipakai warna merah: Ini adalah warna yang dinamis dan dramatis. Bila dipakai dalam dunia profesional memiliki kesan yang sangat kuat. Tapi jangan gunakan baju merah saat wawancara kerja. "Warna ini bisa menimbulkan konflik saat negosiasi”. Kenakan warna merah hanya sebagai aksen, misalnya kamisol merah yang dipadankan dengan blazer abu-abu.

PINK
Warna ini melambangkan romantisme. Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka. Warna ini memiliki arti Cinta, kasih sayang, kelembutan, feminim. Warna yang disukai banyak wanita ini menyiratkan sesuatu yang lembut, bahagia dan menenangkan, tapi kurang bersemangat, ketidakdewasaan dan membuat energi melemah.

Sifat dan karakter cewek penyuka warna PINK
Sekilas saja, sepertinya kita sudah tau bahwa tipe cewek seperti ini sangat ceria, senang bergaul dan cenderung suka bermanja-manja (terutama pada orang yang dicintainya). Dia menyukai hal-hal yang berbau romantis.

Kapan dipakai warna pink: Bila ingin memberi kesan lebih sensual, jangan gunakan warna ini. Warna pink yang lembut cocok untuk acara kencan yang romantis, bukan menggairahkan.

KUNING
Warna ini melambangkan sifat kegembiraan, muda dan sifat spontan yang eksentrik serta dapat membangkitkan vitalitas system syaraf dan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Warna ini juga mempunyai sifat : Leluasa dan santai, Toleran, Investigatif, Menonjol, senang menunda-nunda masalah, tidak bertanggung jawab, penakut, Berubah-ubah tapi penuh harapan, dermawan, mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi.

Warna kuning akan meningkatkan konsentrasi, itu sebabnya warna ini dipakai untuk kertas legal atau post it. Kuning juga merupakan warna persahabatan.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Kuning
Memiliki optimisme yang tinggi, tipe periang dan senang bergaul, tidak memiliki penampilan yang loyo. Sifat tolong-menolong selalu ada dalam diri wanita penyuka warna kuning, karena menolong merupakan suatu kewajiban mutlak baginya. Tipe cewe seperti ini cenderung memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan  tidak pernah meremehkan siapapun juga, walaupun seseorang itu dungu atau bloon.

Kapan dipakai warna kuning: Banyak orang yang kurang pede memakai warna ini karena takut terlihat mencolok. Padahal warna kuning hadir dalam berbagai variasi, mulai dari pastel hingga kuning cerah. Bila Anda tak nyaman dengan busana warna ini, padankan dengan sesuatu yang Anda sukai, misalnya tas bunga-bunga warna kuning.

ORANGE
Warna orange mempunyai arti kehangatan, kepercayaan, keakraban, keberanian, keramahan. Warna ini juga dapat berarti ketidaktahuan.

EMAS
Warna emas mempunyai arti berharga, kekayaan, tradisional, kemakmuran, pemimpi dan ketamakan.

Warna Sejuk

BIRU
Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan pada tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme. Biru juga mempunyai arti kesetiaan, keheningan, keamanan, mencintai, percaya, sensitif dan bisa diandalkan. "Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit.” Meski langit kelabu dan akan hujan, kita tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru.

Biru Tua
Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam, kejantanan, kedinginan dan ketakutan. Sifatnya: Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif. Pengaruhnya : Tenang, Bijaksana, Tidak Mudah Tersinggung, Ramai kawan.

Biru Muda
Warna ini melambangkan keanjalan dari cita-cita. Sifatnya : Bertahan, Protektif, Tidak Berubah fikiran, menenangkan, imajinatif. Pengaruhnya : Keras Kepala, Teguh, Sering Bangga Diri, Berpendirian tetap, terisolasi, menimbulkan rasa malas.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Biru
Termasuk dalam tipe cewe pemurung, tidak terlalu menyenangkan dan selalu bertindak pasif dalam segala hal. Mendambakan ketenangan dan ketentraman. Selalu mendapat kesulitan dalam pergaulan. Demikian pula dalam bercinta karena mereka pintar dalam menyembunyikan perasaan. Memang ciri cewe yang tertutup banget

Kapan dipakai warna biru: Biru tua lebih cocok untuk acara formal atau seragam, sementara biru muda untuk yang sifatnya non formal. "Untuk memberi kesan humor dan kreatifitas, cobalah campuran warna biru dan ungu."

HIIJAU
Warna ini melambangkan adanya suatu keinginan, Kesejukan, keberuntungan, kesehatan, ketabahan dan ketenangan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat : meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain, kesalahan, iri hati, kecemburuan, kekacauan. Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain.

Hijau juga melambangkan alam, kehidupan, dan simbol fertilitas/kesuburan. Para pengantin di abad 15 menggunakan gaun pengantin berwarna hijau.

Ada satu peristiwa unik yang berkaitan dengan warna. yakni, di kota London, ada sebuah jembatan bernama "Black Freire" yang terkenal dengan sebutan "jembatan bunuh diri". Julukan ini diberikan karena banyaknya kasus bunuh diri yang dilakukan di atas jembatan tersebut. Untuk mengubah citra buruk ini, pemerintah setempat mengganti warna jembatan yang semula berwarna cokelat tua menjadi hijau terang. Ternyata setelah penggantian warna ini, angka bunuh diri di jembatan tersebut menurun drastis.

Keunikan-keunikan dampak warna hijau di atas disebabkan medan mata untuk memandang warna hijau lebih kecil daripada medan pandang warna-warna lainnya. Panjang gelombang warna hijau juga sedang, tidak sepanjang warna merah dan tidak sependek warna biru.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Hijau
Cewek ini adalah tipe yang sangat romantis, menyukai keindahan, menyenangi alam dengan udara yang sejuk. Seseorang yang selalu memegang prinsip. Meski ujung-ujungnya prinsip itu yang akan menghancurkan mereka. Dalam hal bercinta mereka mengidam-idamkan pria yang penuh toleransi dan dapat dipercaya. Itu karena prinsip yang mereka punya harus kamu ikuti sebagai orang yang mencintai dia.

Kapan dipakai warna hijau: Warna hijau cocok dipakai untuk sore hari. Sedangkan hijau pastel cocok untuk siang hari.

PHIRUS
Warna phirus memberi arti perlindungan, sembuh, rohani, kewanitaan dan cemburu.

PERAK
Warna perak memberi arti anggun, glamour, tinggi, tidak tulus dan pengkhayal.

Perpaduan Warna Hangat dan Warna Sejuk

UNGU
Warna ini adalah campuran warna merah dan biru yang melambangkan sifat Gempuran Keras yang dilambangkan oleh warna biru. Warna ungu memiliki arti positif kerohanian, kebangsawanan, ambisi, ningrat dan kemewahan. Sifatnya sedikit kurang teliti, penuh misteri, kemurungan, kegaiban tetapi selalu penuh harapan.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Ungu
Kalo cewe penyuka warna ungu adalah tipe yang benar-benar luar biasa. Dalam menghadapi masa depan mereka tidak pernah ragu-ragu, apa yang dikerjakan wanita tersebut adalah yang terbaik. Mereka pandai dalam mengikuti perkembangan jaman.

Warna-warna Lain

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Putih
Mereka adalah orang yang dilahirkan ke dunia dengan sempurna, (Meski  kita semua tau, ngga ada yang sempurna) banyak orang mengagumi wanita itu karena sifatnya yang anggun, sifat idealis dan moral mereka yang teramat tinggi. Tak pernah angkuh, senang menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan.

HITAM
Warna ini melambangkan kehidupan yang terhenti dan kerananya memberi kesan kehampaan, kedukaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakkan dan kepunahan.
Akan tetepi Hitam juga bisa memberi arti Elegan, kuat, sophisticated, untuk menyatakan sesuatu yang abadi, klasik, dan secara universal dianggap sebagai warna yang melangsingkan.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Hitam
Mereka termasuk tipe orang yang sangat lincah dalam hal-hal tertentu saja. Kalo mereka berada di lingkungan yang tidak disukai, maka mereka akan menjadi murung. Jadi jauhkan dia dari tempat yang dia tidak suka. Wanita itu selalu tampil menarik, terus rapi, cukup banyak pria berusaha mengejar dan merebut cintanya.

Kapan dipakai warna hitam: Khawatir Anda akan memakai gaun dengan warna sama dalam pesta? Tambahkan sedikit keceriaan, misalnya gunakan perona mata cerah, kalung bebatuan, cat kuku warna merah, atau stiletto warna silver. Warna hitam mudah dipadukan dengan aksesori jenis apa pun.

ABU-ABU
Warna ini tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi. Warna ini cenderung netral. Tetapi warna abu-abu bisa memberi arti Serius, bisa diandalkan dan stabil. Warna abu-abu adalah warna alam. Di alam, warna abu-abu merupakan warna yang permanen, misalnya batu atau karang.

Kapan dipakai: "Abu-abu adalah warna yang kuat dan praktikal." Saat wawancara kerja, pilih busana warna ini untuk menunjukkan Anda orang yang bertanggung jawab. Tapi bila warna ini dipakai dari atas hingga ke bawah Anda akan dianggap orang yang membosankan. Beri sentuhan warna lain, misalnya atasan bercorak, sepatu cantik, atau anting-anting yang manis.

COKLAT
Warna ini seringkali menunjukan ciri-ciri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan.

Diolah dari berbagai sumber..