Sahabatmu adalah kebutuhan jiwamu yang terpenuhi. Dialah ladang hatimu, yang dengan kasih kau taburi dan kau pungut buahnya penuh rasa terima kasih. Kau menghampirinya di kala hati gersang kelaparan, dan mencarinya di kala jiwa membutuhkan kedamaian. Janganlah ada tujuan lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya jiwa. (Kahlil Gibran)
Kamis, 22 Maret 2012
Motivasi
Sahabatmu adalah kebutuhan jiwamu yang terpenuhi. Dialah ladang hatimu, yang dengan kasih kau taburi dan kau pungut buahnya penuh rasa terima kasih. Kau menghampirinya di kala hati gersang kelaparan, dan mencarinya di kala jiwa membutuhkan kedamaian. Janganlah ada tujuan lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya jiwa. (Kahlil Gibran)
Motivasi
Sahabat paling baik dari kebenaran adalah waktu, musuhnya yang paling besar adalah prasangka, dan pengiringnya yang paling setia adalah kerendahan hati.
(Caleb CC.)
(Caleb CC.)
Motivasi
Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari teman. Namun yang lebih lemah dari itu adalah orang yang mendapatkan banyak teman tetapi menyia-nyiakannya.
(Ali bin Abi Thalib)
(Ali bin Abi Thalib)
Selasa, 13 Maret 2012
Kata Motivasi
Ketika tulus mencinta, kamu tak akan menyerah. Kamu mungkin lelah, tapi kamu tetap berusaha, karena cinta selalu temukan cara.
Jika kita mencintai seseorang, berusahalah cintai kekurangannya, bukan hanya mengubahnya seperti yang kita mau.
Kata Motivasi
Berhenti
berusaha tuk jadi yg sempurna. Temukan dia yg tahu semua kelemahanmu tapi tetap
ingin menjadi bagian hidupmu.
Kata Motivasi
Miliki
hati yg tak pernah membenci, senyuman yg tak pernah menyakiti dan kasih sayang
yg tak pernah berakhir.
KATA MOTIVASI
Hal
yg harus kamu ingat dalam hidup adalah segala sesuatu tak harus sempurna bagimu untuk menjadi bahagia.
Kata Motivasi
Senin, 05 Maret 2012
Syirik yang Sering Diucapkan
Kaum muslimin yang semoga selalu mendapatkan taufiq Allah Ta’ala.
Kita semua telah mengetahui bahwa Allah adalah satu-satunya Rabb
(Tuhan) alam semesta, Yang menciptakan kita dan orang-orang sebelum
kita, Yang menjadikan bumi sebagai hamparan untuk kita mencari nafkah,
dan Yang menurunkan hujan untuk menyuburkan tanaman sebagai rizki bagi
kita. Setelah kita mengetahui demikian, hendaklah kita hanya beribadah
kepada Allah semata dan tidak menjadikan bagi-Nya tandingan/sekutu dalam
beribadah. Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Dialah
yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap,
dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan
hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” (Al Baqarah [2]: 22)
Lebih samar dari jejak semut di atas batu hitam di tengah kegelapan malam
Sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma –yang sangat luas dan mendalam ilmunya- menafsirkan ayat di atas dengan mengatakan, ”Yang dimaksud membuat sekutu bagi Allah (dalam ayat di atas, pen) adalah berbuat syirik. Syirik
adalah suatu perbuatan dosa yang lebih sulit (sangat samar) untuk
dikenali daripada jejak semut yang merayap di atas batu hitam di tengah
kegelapan malam.”
Kemudian Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma mencontohkan perbuatan syirik yang samar tersebut seperti, ‘Demi Allah dan demi hidupmu wahai fulan’, ‘Demi hidupku’ atau ‘Kalau bukan karena anjing kecil orang ini, tentu kita didatangi pencuri-pencuri itu’ atau ‘Kalau bukan karena angsa yang ada di rumah ini tentu datanglah pencuri-pencuri itu’, dan ucapan seseorang kepada kawannya ‘Atas kehendak Allah dan kehendakmu’, juga ucapan seseorang ‘Kalau bukan karena Allah dan karena fulan’. Akhirnya beliau radhiyallahu ‘anhuma mengatakan, ”Janganlah engkau menjadikan si fulan (sebagai
sekutu bagi Allah, pen) dalam ucapan-ucapan tersebut. Semua ucapan ini
adalah perbuatan SYIRIK.” (HR. Ibnu Abi Hatim) (Lihat Kitab Tauhid, Syaikh Muhammad At Tamimi) Itulah syirik. Ada sebagian yang telah diketahui dengan jelas seperti menyembelih, bernadzar, berdo’a, meminta dihilangkan musibah (istighotsah)
kepada selain Allah. Dan terdapat pula bentuk syirik (seperti dikatakan
Ibnu Abbas di atas) yang sangat sulit dikenali (sangat samar).
Syirik
seperti ini ada 2 macam.
Pertama,
syirik dalam niat dan tujuan. Ini termasuk perbuatan yang samar karena
niat terdapat dalam hati dan yang mengetahuinya hanya Allah Ta’ala. Seperti seseorang yang shalat dalam keadaan ingin dilihat (riya’) atau didengar (sum’ah) orang lain. Tidak ada yang mengetahui perbuatan seperti ini kecuali Allah Ta’ala.
Kedua, syirik yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Syirik seperti ini adalah seperti syirik dalam ucapan (selain perkara i’tiqod/keyakinan).
Syirik semacam inilah yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.
Karena kesamarannya lebih dari jejak semut yang merayap di atas batu
hitam di tengah kegelapan malam. Oleh karena itu, sedikit sekali yang
mengetahui syirik seperti ini secara jelas. (Lihat I’anatul Mustafid bisyarh Kitabut Tauhid, hal. 158, Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan)
Berikut ini akan disebutkan beberapa
contoh syirik yang masih samar, dianggap remeh, dan sering diucapkan
dengan lisan oleh manusia saat ini.
Mencela makhluk yang tidak dapat berbuat apa-apa
Perbuatan seperti ini banyak dilakukan
oleh kebanyakan manusia saat ini –barangkali juga kita-. Lidah ini
begitu mudahnya mencela makhluk yang tidak mampu berbuat sedikit pun,
seperti di antara kita sering mencela waktu, angin, atau pun hujan.
Misalnya dengan mengatakan, ‘Bencana ini bisa terjadi karena bulan ini adalah bulan Suro’ atau mengatakan ‘Sialan!Gara-gara angin ribut ini, kita gagal panen’ atau dengan mengatakan pula, ‘Aduh!! hujan lagi, hujan lagi’.
Lidah ini begitu mudah mengucapkan perkataan seperti itu. Padahal makhluk yang kita cela tersebut tidak mampu berbuat apa-apa kecuali atas kehendak Allah. Mencaci mereka pada dasarnya telah mencaci, mengganggu dan menyakiti yang telah menciptakan dan mengatur mereka yaitu Allah Ta’ala.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Allah Ta’ala berfirman, ‘Manusia menyakiti Aku; dia mencaci maki masa (waktu), padahal Aku adalah pemilik dan pengatur masa, Aku-lah yang mengatur malam dan siang menjadi silih berganti.’ ” (HR. Bukhari dan Muslim). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,”Janganlah kamu mencaci maki angin.” (HR. Tirmidzi, beliau mengatakan hasan shohih)
Dari dalil-dalil ini terlihat bahwa mencaci maki masa (waktu), angin dan makhluk lain yang tidak dapat berbuat apa-apa adalah terlarang. Larangan ini bisa termasuk syirik akbar
(syirik yang mengeluarkan seseorang dari Islam) jika diyakini makhluk
tersebut sebagai pelaku dari sesuatu yang jelek yang terjadi. Meyakini
demikian berarti meyakini bahwa makhluk tersebut yang menjadikan baik
dan buruk dan ini sama saja dengan menyatakan ada pencipta selain Allah.
Namun, jika diyakini yang menakdirkan adalah Allah sedangkan
makhluk-makhluk tersebut bukan pelaku dan hanya sebagai sebab saja, maka
seperti ini termasuk keharaman, tidak sampai derajat syirik. Dan apabila yang dimaksudkan cuma sekedar pemberitaan, -seperti mengatakan,’Hari ini sangat panas sekali, sehingga kita menjadi capek’-, tanpa tujuan mencela sama sekali maka seperti ini tidaklah mengapa.
Bersumpah dengan menyebut nama selain Allah
Bersumpah dengan nama selain Allah juga sering diucapkan oleh orang-orang saat ini, seperti ucapan, ‘Demi Nyi Roro Kidul’ atau ‘Aku bersumpah dengan nama …’. Semua perkataan seperti ini diharamkan bahkan termasuk syirik.
Karena hal tersebut menunjukkan bahwa dalam hatinya mengagungkan selain
Allah kemudian digunakan untuk bersumpah. Padahal pengagungan seperti
ini hanya boleh diperuntukkan kepada Allah Ta’ala semata. Barangsiapa mengagungkan selain Allah Ta’ala dengan suatu pengagungan yang hanya layak diperuntukkan kepada Allah Ta’ala, maka dia telah terjatuh dalam syirik akbar
(syirik yang mengeluarkan seseorang dari Islam). Namun, apabila orang
yang bersumpah tersebut tidak meyakini keagungan sesuatu yang dijadikan
sumpahnya tersebut sebagaimana keagungan Allah Ta’ala, maka dia telah terjatuh dalam syirik ashgor (syirik kecil yang lebih besar dari dosa besar).
Berhati-hatilah dengan bersumpah seperti ini karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda yang artinya,”Barangsiapa bersumpah dengan nama selain Allah, maka ia telah berbuat kekafiran atau kesyirikan.” (HR. Tirmidzi dan Hakim dishahihkan Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jaami’)
Menyandarkan nikmat kepada selain Allah
Perbuatan ini juga dianggap sepele oleh
kebanyakan orang saat ini. Padahal menyandarkan nikmat kepada selain
Allah termasuk syirik dan kekufuran kepada-Nya. Allah Ta’ala mengatakan tentang orang yang mengingkari nikmat Allah dalam firman-Nya yang artinya, ”Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang kafir.” (An Nahl: 83)
Menurut salah satu penafsiran ayat ini :
‘Mereka mengenal berbagai nikmat Allah (yaitu semua nikmat yang
disebutkan dalam surat An Nahl) dengan hati mereka, namun lisan mereka menyandarkan berbagai nikmat tersebut kepada selain Allah. Atau mereka mengatakan nikmat tersebut berasal dari Allah, akan tetapi hati mereka menyandarkannya kepada selain Allah’.
Menyandarkan nikmat kepada selain Allah
termasuk syirik karena orang yang menyadarkan nikmat kepada selain Allah
berarti telah menyatakan bahwa selain Allah-lah yang telah memberikan
nikmat (ini termasuk syirik dalam tauhid rububiyah). Dan ini juga
berarti dia telah meninggalkan ibadah syukur. Meninggalkan syukur
berarti telah menafikan (meniadakan) tauhid. Setiap hamba mempunyai
kewajiban untuk bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.
Contoh dari hal ini adalah mengatakan ‘Rumah ini adalah warisan dari ayahku’. Jika memang cuma sekedar berita tanpa melupakan Sang Pemberi Nikmat yaitu Allah, maka perkataan ini tidaklah mengapa. Namun, yang dimaksudkan termasuk syirik di sini adalah jika dia mengatakan demikian dan melupakan Sang Pemberi Nikmat yaitu Allah Ta’ala.
Marilah kita berusaha tatkala
mendapatkan nikmat, selalu bersyukur pada Allah dengan memenuhi 3 rukun
syukur, yaitu: [1] Mensykuri nikmat tersebut dengan lisan, [2] Mengakui
nikmat tersebut berasal dari Allah dengan hati, dan [3] Berusaha
menggunakan nikmat tersebut dengan melakukan ketaatan kepada Allah.
(Lihat I’anatul Mustafid, hal. 148-149 dan Al Qoulul Mufid ‘ala Kitabit Tauhid, II/93)
Perbaikilah Diri
Jarang sekali manusia mengetahui bahwa
hal-hal di atas termasuk kesyirikan dan kebanyakan orang selalu
menyepelekan hal ini dengan sering mengucapkannya . Padahal Allah Ta’ala telah berfirman yang artinya, ”Sesungguhnya
Allah tidak mengampuni dosa syirik, dan dia mengampuni dosa yang berada
di bawah syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. (QS. An Nisa [4]: 116).
Oleh karena itu, sangat penting sekali
bagi kita untuk mempelajari aqidah di mana perkara ini sering dilalaikan
dan jarang dipelajari oleh kebanyakan manusia. Aqidah adalah poros dari
seluruh perkara agama. Jika aqidah telah benar, maka perkara lainnya
juga akan benar. Jika aqidah rusak, maka perkara lainnya juga akan
rusak.
Hendaknya pula kita memperbaiki diri
dengan selalu memikirkan terlebih dahulu apa yang kita hendak ucapkan.
Ingatlah sabda Nabi yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Boleh
jadi seseorang mengucapkan suatu kata yang diridhai Allah namun tidak
ia sadari, sehingga karena ucapannya ini Allah mengangkat derajatnya. Namun
boleh jadi seseorang mengucapkan suatu kata yang dimurkai Allah dan
tidak ia sadari, sehingga karena ucapannya ini Allah memasukkannya dalam
neraka.” (HR. Bukhari)
Jika kita sudah terlanjur melakukan syirik yang samar ini, maka leburlah dengan do’a yang pernah diucapkan Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam: ’Allahumma inni a’udzubika an usyrika bika sya’an wa ana a’lamu wa astaghfiruka minadz dzanbilladzi laa a’lamu’
(Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan menyukutakan-Mu
dengan sesuatu padahal aku mengetahuinya. Aku juga memohon ampunan
kepada-Mu dari kesyirikan yang tidak aku sadari) (HR. Ahmad).
sumber : www.muslim.or.id
Oleh: M. Abduh Tuasikal
Minggu, 04 Maret 2012
Strategi Sukses Bisnis dan Entrepreneurship Rasulullah SAW part 2 - selesai
Sebelum Menikah Sudah Berbisnis
Dari catatan Afzalurrahman
dikemukakan, Muhammad Saw menerima upah seperti dalam bentuk unta. Hal ini
sebagaimana diriwayatkan Allamah Zahabi, bahwa beliau melakukan dua kali
perjalanan dagang untuk Khadijah dan mendapat upah dua ekor unta betina dewasa.
Kecerdikan Muhammad Saw tampak pula ketika melakukan perjalananan dagang ke
Yaman bersama Maysarah, pembantu laki-laki Khadijah. Di samping menjual dagangannya,
beliau sengaja mendatangi sentra garmen dan tekstil di sana, kemudian membeli bahan
kain dan pakaian jadi untuk di jual di Makkah.
Ketika merintis karir di bidang bisnis, beliau mulai
berdagang kecil-kecilan di kota Makkah. Muhammad Saw membeli barang-barang dari
suatu pasar, lalu menjualnya kepada orang-orang. Fakta ini kian menegaskan;
pekerjaan sebagai pedagang sudah dilakukan oleh Muhammad Saw, jauh sebelum
beliau menikah dengan Khadijah. Muhammad Saw sempat menerima modal dari para
investor serta anak-anak yatim yang tidak sanggup menjalankan sendiri dana
peninggalan orang tuanya. Mereka sangat mempercayai Muhammad Saw untuk
menjalankan bisnis dengan uang mereka berdasarkan kerja sama mudha-rabah.
Mudharabah adalah akad kerja sama antara dua pihak dalam
suatu usaha atau proyek tertentu. Pihak pertama (ma-lik, sha-hib al-ma-l)
menyediakan seluruh modal; pihak kedua (‘a-mil, mudha-rib, nasabah) bertindak
selaku manajer atau pengelola. Keuntungan usaha dibagi sesuai kesepakatan yang
dituangkan dalam kontrak. Tetapi, jika terjadi kerugian akan ditinjau secara
adil. Seandainya kerugian timbul akibat risiko bisnis, akibat cuaca, gempa,
atau force majeur lainnya, maka akan ditanggung oleh pemilik modal. Namun bila
kerugian karena keteledoran atau kecurangan pengelola usaha, maka si pengelola
atau manajer wajib bertanggung jawab atas kerugian tersebut.
Integritas Berdagang
Nabi Muhammad SAW
Dalam
menjalankan bisnisnya, Muhammad Saw menghiasi diri dengan kedisiplinan,
memperkaya dengan kejujuran, keteguhan memegang janji, dan sifat-sifat mulia
lainnya. Tidak mengherankan apabila penduduk Makkah mempercayai sosoknya dan
menggelari Muhammad Saw sebagai Al-ami-n (orang yang terpercaya).
Sebuah
riwayat menceritakan, Rabi bin Badr pernah melakukan kerja sama dagang dengan
Muhammad Saw. Tatkala mereka bertemu kembali, Muhammad Saw bertanya, ”Apakah
Anda mengenaliku?” Ia menjawab, ”Kau pernah menjadi mitraku dan mitra yang
paling baik pula. Engkau tidak pernah menipuku dan tidak berselisih denganku. ”
Para
pemilik modal di Makkah semakin banyak yang membuka peluang kemitraan dengan
Muhammad Saw. Salah seorang diantaranya adalah Khadijah yang menawarkan
kemitraan berdasarkan mudha-rabah. Khadijah bertindak sebagai pemodal (shahibul
ma-l), sedangkan Muhammad Saw sebagai pengelola (mudha-rib).
INBOX
Sebelum menikah dengan Khadijah, Muhammad telah
berdagang-sebagai agen dagang Khadijah ke Syiria, Palestina, Yaman, Bahrain dan
tempat-tempat lainnya. Banyak agen yang telah dipekerjakan oleh wanita itu
sebelum Nabi. Namun tak seorangpun yang bekerja lebih memuaskan disbanding
beliau. Khadijah merasa senang dengan kejujuran, integritas, sikap baik dan
kemampuan berdagang Nabi sehingga sifat-sifat ini menimbulkan rasa cinta yang
suci dalam diri Khadijah.
Wilayah Perdagangan
Yang Dikunjungi Muhammad SAW
Wilayah perdagangan yang dikunjungi Muhammad Saw meliputi
Yaman, Syria, Busra, Iraq, Yordania, Bahrain, dan kota-kota perdagangan di
Jazirah Arab lainnya. Menurut satu riwayat, sebelum menikah, beliau menjadi
manajer perdagangan Khadijah ke pusat perdagangan di Yaman. Muhammadpun empat
kali memimpin ekspedisi perdagangan ke Syria dan Jerash di Yordania.
Pusat perdagangan dan turisme Jerash Festival (Mahrajan
Jerash) saat ini
Selain gigih, Muhammad Saw memang pandai dalam berdagang.
Tatkala menjual barang dagangannya di pasar-pasar di Busra, misalnya, beliau
memperoleh keuntungan dua kali lipat dibandingkan para pedagang lainnya. Itulah
sebabnya Khadijah memberikan bagian keuntungan yang lebih besar daripada yang
telah mereka berdua sepakati sebelumnya. (Al-Shalabi: 2004)
Wilayah Perdagangan
Yang Dikunjungi Muhammad SAW
Kompetensi Muhammad SAW
dalam Berdagang
Pengenalan wilayah dagang merupakan bagian dari “modal” kompetensi
Muhammad SAW dalam berdagang
Dagangan di pasar-pasar tua Arabia.
Kehandalan
Muhammad Saw dalam berbisnis, ditunjang oleh pengetahuannya yang luas mengenai
wilayah tujuan dagang yang strategis. Tatkala menjejakkan kakinya ke Bahrain,
umpamanya, menurut satu riwayat Imam Ahmad, Muhammad Saw pernah menerima utusan
salah satu kabilah dari Bahrain. Kepada utusan itu beliau menanyakan; siapa
pemimpinnya? Utusan tersebut menjawab; pemimpinnya adalah Al-Ashajj.
Setelah
Muhammad Saw bertemu Al-Ashajj, beliau bertanya kepadanya berbagai hal dan
mengenai orang-orang terkemuka. Muhammad Saw pun menyinggung perihal kota-kota
perdagangan di Bahrain seperti Safa, Mushaqqar, dan Hijar. Al-Ashajj sangat
terkejut dengan luasnya wawasan geografis dan pengetahuan tentang sentra-sentra
komersial Muhammad Saw. Katanya, “Sungguh! Anda lebih tahu tentang negeri saya
dari pada saya sendiri. Anda juga lebih banyak mengenal kota-kota di negeri
saya dari pada yang saya ketahui. ”Lalu Muhammad Saw berkata, “Saya mendapat
kesempatan menjelajahi negeri Anda, dan saya telah diperlakukan dengan baik. Di
usia muda, Muhammad Saw memang sudah menjadi pedagang regional karena daerah
perdagangannya meliputi hamper seluruh Jazirah Arab.
Setelah Menikah Tetap Berbisnis
Afzalurrahman
(2000) mencatat; setelah menikah, Muhammad Saw tetap melanjutkan usaha perdagangannya.
Di masa itu, beliau bertindak sebagai mitra dalam usaha istrinya. Beliau melakukan
perjalanan bisnis ke berbagai pusat perdagangan di seluruh penjuru negerinya dan
negeri-negeri tetangga.
Tidak
banyak catatan sejarah yang merekam usaha perdagangan dan perjalanan bisnis yang
dilakukan Muhammad Saw setelah menikah. Tetapi, sebagaimana dinyatakan lebih lanjut
oleh Afzalurrahman, terdapat catatan tentang hubungan dagang beliau dengan berbagai
macam orang. Hal ini member petunjuk bahwa beliau tetap menggeluti bidang perdagangan
setelah menikah.
Satu
hal yang berbeda, sebelum menikah, Muhammad Saw sebagai project manager bagi Khadijah.
Setelah menikah, beliau menjadi joint owner dan supervisor bagi agen-agen perdagangan
Khadijah.
Dalam
ilmu entrepreneurship, yang dilakukan Muhammad Saw pasca menikah merupakan suatu
lompatan dari quadran pekerja pindah menjadi quadran business owner dan co-investor.
Muhammad Saw telah mengaplikasikan suatu teori seperti yang pernah disarankan Robert
T. Kiyosaki, teori cashflow quadrant. Uniknya teori tersebut baru dikemukakan sekitar
135 abad kemudian. Perbedaan lain Robert T. Kiyosaki memilih untuk menjadi self
employed dengan berprofesi sebagai business network consultant dan book writer bukan
sebagai trader dan business investor berskala regional atau global.
Source: RoberT kiyosaki,
Cash-flow Quadrant,dengan modifikasi
Sejumlah
hadits yang memberikan tuntunan perdagangan menunjukkan bahwa Muhammad Saw mengetahui
seluk-beluk bisnis. Beliau memahami strategi supaya perdagangan bisa berhasil. Beliau
mengetahui sifat dan perilaku yang merusak atau menghambat bisnis perdagangan. Lebih
dari itu, Muhammad Saw memahami berbagai hal yang merusak system pasar secara keseluruhan,
seperti kecurangan timbangan, menyembunyikan cacat barang yang dijual, riba, gharar,
dan sebagainya. Beliau telah membuktikan; kesuksesan dalam bisnis dapat dicapai
tanpa menggunakan cara-cara terlarang.
Catatan
yang menegaskan bahwa Muhammad Saw tetap menekuni dunia bisnis setelah menikah,
didukung dengan sifat kemandirian beliau yang telah tertanam sejak kecil. Apalagi,
sekurang-kurangnya, tercatat tiga perjalanan dagang beliau yang sempat diberitakan
pasca pernikahannya dengan Khadijah; ke Yaman, Najed, dan Najran. Di samping melakukan
perjalanan dagang ke kota-kota lain, beliau terlibat urusan dagang selama musim
haji, misalnya di pasar Ukaz dan Dzul Majaz. Beliaupun sibuk mengurus perdagangan
grosir di kota Makkah.
Pusat Perdagangan Arab Masa Jahiliyah
Pusat-pusat perdagangan Arab pra
Islam dan awal masa Islam yang sebagiannya telah dikunjungi Muhammad Saw.
Pusat-PusatPerdaganganArab MasaJahiliyah
Semasa
Muhammad Saw berdagang, sudah terdapat pusat-pusat perdagangan yang dikunjungi para
pedagang dari arah timur dan selatan. Sebagai seorang pedagang, besar kemungkinan
beliaupun mendatangi pasar-pasar itu berulang kali seperti halnya para pedagang
Quraisy lain. Hal ini dilakukan demi mengembangkan serta mempertahankan langganan
dan mitra bisnis.
Pusat-pusat
perdagangan Arab yang sudah ada sebelum kedatangan Islam itu antara lain; Daumatul
Jandal, Al-Mushaqqar (Bahrainal-Ahsa), Suhar (Oman) , Daba (Oman), Shihratau Shihr
Mahrah Bukit (diUhud), Souq Aden (Yaman), Souq San ‟a(Yaman), Al-Rabiyah (Hadramaut), Ukaz (diArafah), Zil
Majaz, Mina, An-Natah (diKhaibar), dan Al-Hijr (Al-Yamamah). Ketika di Madinah,
Muhammad Saw sendiri yang membangun pasar berorientasi syariat Islam. Pasar ini
bukanlah seperti pasar yang dikuasai orang-orang Yahudi seperti halnya Pasar Qainuqa'
dulu (Qardhawi:1993). Pasar tersebut langsung diawasi oleh Rasulullah. Beliau menertibkan
segala sesuatunya, mengurus, serta member bimbingan dan pengarahan kepada masyarakat
setempat. Tujuannya adalah supaya tidak ada lagi segala bentuk transaksi yang menyimpang
dari ajaran Islam seperti penipuan, pengurangan timbangan, penimbunan, dan yang
lainnya.
Sumber:
Antonio, Muhammad Syafii, Muhammad: the Super Leader Super Manager, ProLm&TazkiaPublishing,
2009, hal.
Perjalanan
karir Muhammad Saw di bidang perdagangan sebagaimana tertera dalam tabel diatas
dapat disimpulkan sebagai berikut: Pada usia 12 tahun, Muhammad Saw telah mengenal
perdagangan yang dapat diistilahkan dengan magang (internship). Hal ini terus dilakukan
sampai usia 17 tahun ketika beliau telah mulai membuka usaha sendiri. Pada usia
ini beliau sudah menjadi seorang business manager.
Dalam perkembangan selanjutnya,
ketika pemilik modal Makkah mempercayakan pengelolaan perdagangan mereka kepada
Muhammad Saw beliau menjadi seorang investment manager. Saat berusia 25 tahun dan
menikah dengan Khadijah, Muhammad Saw tetap mengelola perdagangannya sebagai mitra
bisnis Khadijah. Dengan demikian beliau termasuk sebagai business owner.
Menginjak
usia 30-an, Muhammad Saw menjadi seorang investor dan mulai memiliki banyak waktu
untuk memikirkan kondisi masyarakat. Pada saat ini Muhammad Saw sudah mencapai apa
yang disebut sebagai kebebasan uang (financial freedom) dan waktu. Sejak itulah
beliau mulai sering menyendiri (tahannuts) ke Gua Hira‟. Hal ini dilakukan hingga mendapat wahyu pertama pada
usia 40 tahun. Periode baru dalam hidup Muhammad Saw sebagai seorang Nabi dan Rasul
dimulai.
Periode Kehidupan Muhammad SAW
Dari
tabel diatas, dapat disimpulkan bahwa masa kehidupan Muhammad Saw meliputi empat
periode seperti tertuang dalam tabel:
INBOX
Perhatian
terhadap aspek bisnis Muhammad Saw semakin mengemuka seiring dengan munculnya kembali
konsep ekonomi Islam. Selain membangun kerangka teori ekonomi Islam dan berbagai
aspeknya, juga dicari tokoh yang dapat dijadikan teladan dalam pengelolaan sumber-sumber
ekonomi. NabiMuhammad Saw merupakan figure yang tepat dijadikan sebagai teladan
dalam bisnis dan perilaku ekonomi. Beliau tidak hanya memberikan tuntunan dan pengarahan
tentang bagaimana kegiatan ekonomi dilaksanakan, tetapi beliau memberikan suri tauladan
dan model yang sukses karena telah mengalami sendiri menjadi seorang pengelola bisnis
atau wirausaha.
ARTI WARNA
Warna ternyata bisa bicara banyak mengenai karakter, watak, sifat dan kepribadian seseorang. Warna pakaian yang Anda pilih ternyata menyampaikan pesan pada orang di sekeliling. Pesan itu bisa berarti menyejukkan, menggoda, gembira, atau menakutkan. Beberapa contoh psikologi warna dalam kehidupan sehari-hari misalnya, petugas keamanan yang memakai warna biru tua menyampaikan pesan berwibawa dan berkuasa, juru rawat yang memakai seragam warna hijau pupus menyiratkan kesan tenang dan damai.
Warna Hangat
MERAH
Merah adalah warna yang punya
banyak arti, mulai dari cinta yang menggairahkan hingga kekerasan perang. Warna
ini tak cuma mempengaruhi psikologi tapi juga fisik. Penelitian menunjukkan
menatap warna merah bisa meningkatkan detak jantung dan membuat kita bernapas
lebih cepat. Serta mengurangkan tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi,
menaikkan tekanan darah. Warna ini mempunyai pengaruh produktivitas, perjuangan,
persaingan dan keberanian serta kuat, berani, percaya diri, gairah, ketidaksabaran,
kemarahan, peringatan dan bahaya.
Sifat dan
karakter cowok penyuka Merah
Terang
Warna ini melambangkan kekuatan
kemauan atau cita-cita. Sifatnya : Agresif, Aktif, Eksentrik. Pengaruhnya :
Berkemauan keras, penuh gairah, dominasi, jantan.
Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Merah
Termasuk tipe yang sangat berwibawa dan juga
senang mengayomi teman yang lemah. Walau sering kali bergaul dan bercanda tapi
wanita tersebut bisa menahan diri. Banyak pria mengatakan cinta, tapi mereka
selalu berpikir dan berpikir lagi. Wanita ini termasuk tipe yang sulit jatuh
cinta.
Kapan dipakai warna merah: Ini adalah warna yang
dinamis dan dramatis. Bila dipakai dalam dunia profesional memiliki kesan yang
sangat kuat. Tapi jangan gunakan baju merah saat wawancara kerja. "Warna
ini bisa menimbulkan konflik saat negosiasi”. Kenakan warna merah hanya sebagai
aksen, misalnya kamisol merah yang dipadankan dengan blazer abu-abu.
PINK
Warna ini melambangkan romantisme. Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka. Warna ini memiliki arti Cinta, kasih sayang, kelembutan, feminim. Warna yang disukai banyak wanita ini menyiratkan sesuatu yang lembut, bahagia dan menenangkan, tapi kurang bersemangat, ketidakdewasaan dan membuat energi melemah.
Warna ini melambangkan romantisme. Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka. Warna ini memiliki arti Cinta, kasih sayang, kelembutan, feminim. Warna yang disukai banyak wanita ini menyiratkan sesuatu yang lembut, bahagia dan menenangkan, tapi kurang bersemangat, ketidakdewasaan dan membuat energi melemah.
Sifat dan karakter cewek penyuka warna PINK
Sekilas saja, sepertinya kita sudah tau bahwa tipe
cewek seperti ini sangat ceria, senang bergaul dan cenderung suka
bermanja-manja (terutama pada orang yang dicintainya). Dia menyukai hal-hal
yang berbau romantis.
Kapan dipakai warna pink: Bila ingin
memberi kesan lebih sensual, jangan gunakan warna ini. Warna pink yang lembut
cocok untuk acara kencan yang romantis, bukan menggairahkan.
KUNING
Warna ini melambangkan sifat kegembiraan, muda dan sifat spontan yang eksentrik serta dapat membangkitkan vitalitas system syaraf dan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Warna ini juga mempunyai sifat : Leluasa dan santai, Toleran, Investigatif, Menonjol, senang menunda-nunda masalah, tidak bertanggung jawab, penakut, Berubah-ubah tapi penuh harapan, dermawan, mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi.
Warna ini melambangkan sifat kegembiraan, muda dan sifat spontan yang eksentrik serta dapat membangkitkan vitalitas system syaraf dan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Warna ini juga mempunyai sifat : Leluasa dan santai, Toleran, Investigatif, Menonjol, senang menunda-nunda masalah, tidak bertanggung jawab, penakut, Berubah-ubah tapi penuh harapan, dermawan, mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi.
Warna kuning akan meningkatkan konsentrasi,
itu sebabnya warna ini dipakai untuk kertas legal atau post it. Kuning juga
merupakan warna persahabatan.
Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Kuning
Memiliki optimisme yang tinggi, tipe periang dan
senang bergaul, tidak memiliki penampilan yang loyo. Sifat tolong-menolong
selalu ada dalam diri wanita penyuka warna kuning, karena menolong merupakan
suatu kewajiban mutlak baginya. Tipe cewe seperti ini cenderung memiliki
kepekaan sosial yang tinggi dan tidak pernah meremehkan siapapun
juga, walaupun seseorang itu dungu atau bloon.
Kapan dipakai warna kuning: Banyak orang yang kurang pede memakai
warna ini karena takut terlihat mencolok. Padahal warna kuning hadir dalam
berbagai variasi, mulai dari pastel hingga kuning cerah. Bila Anda tak nyaman
dengan busana warna ini, padankan dengan sesuatu yang Anda sukai, misalnya tas
bunga-bunga warna kuning.
ORANGE
Warna orange mempunyai arti kehangatan,
kepercayaan, keakraban, keberanian, keramahan. Warna ini juga dapat berarti
ketidaktahuan.
EMAS
Warna emas mempunyai arti berharga, kekayaan,
tradisional, kemakmuran, pemimpi dan ketamakan.
Warna Sejuk
BIRU
Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan pada tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme. Biru juga mempunyai arti kesetiaan, keheningan, keamanan, mencintai, percaya, sensitif dan bisa diandalkan. "Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit.” Meski langit kelabu dan akan hujan, kita tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru.
Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan pada tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme. Biru juga mempunyai arti kesetiaan, keheningan, keamanan, mencintai, percaya, sensitif dan bisa diandalkan. "Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit.” Meski langit kelabu dan akan hujan, kita tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru.
Biru Tua
Warna ini melambangkan perasaan
yang mendalam, kejantanan, kedinginan dan ketakutan. Sifatnya: Konsentrasi,
kooperatif, cerdas, perasa, integratif. Pengaruhnya : Tenang, Bijaksana, Tidak
Mudah Tersinggung, Ramai kawan.
Biru Muda
Warna ini melambangkan keanjalan
dari cita-cita. Sifatnya : Bertahan, Protektif, Tidak Berubah fikiran,
menenangkan, imajinatif. Pengaruhnya : Keras Kepala, Teguh, Sering Bangga Diri,
Berpendirian tetap, terisolasi, menimbulkan rasa malas.
Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Biru
Termasuk dalam tipe cewe pemurung, tidak terlalu
menyenangkan dan selalu bertindak pasif dalam segala hal. Mendambakan
ketenangan dan ketentraman. Selalu mendapat kesulitan dalam pergaulan. Demikian
pula dalam bercinta karena mereka pintar dalam menyembunyikan perasaan. Memang
ciri cewe yang tertutup banget
Kapan dipakai warna biru: Biru tua lebih cocok untuk acara formal atau seragam,
sementara biru muda untuk yang sifatnya non formal. "Untuk memberi kesan
humor dan kreatifitas, cobalah campuran warna biru dan ungu."
HIIJAU
Warna ini melambangkan adanya suatu keinginan, Kesejukan, keberuntungan, kesehatan, ketabahan dan ketenangan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat : meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain, kesalahan, iri hati, kecemburuan, kekacauan. Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain.
Warna ini melambangkan adanya suatu keinginan, Kesejukan, keberuntungan, kesehatan, ketabahan dan ketenangan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat : meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain, kesalahan, iri hati, kecemburuan, kekacauan. Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain.
Hijau juga melambangkan alam,
kehidupan, dan simbol fertilitas/kesuburan. Para pengantin di abad 15
menggunakan gaun pengantin berwarna hijau.
Ada satu peristiwa unik yang
berkaitan dengan warna. yakni, di kota London, ada sebuah jembatan bernama
"Black Freire" yang terkenal dengan sebutan "jembatan bunuh
diri". Julukan ini diberikan karena banyaknya kasus bunuh diri yang
dilakukan di atas jembatan tersebut. Untuk mengubah citra buruk ini, pemerintah
setempat mengganti warna jembatan yang semula berwarna cokelat tua menjadi
hijau terang. Ternyata setelah penggantian warna ini, angka bunuh diri di
jembatan tersebut menurun drastis.
Keunikan-keunikan dampak warna
hijau di atas disebabkan medan mata untuk memandang warna hijau lebih kecil
daripada medan pandang warna-warna lainnya. Panjang gelombang warna hijau juga
sedang, tidak sepanjang warna merah dan tidak sependek warna biru.
Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Hijau
Cewek ini adalah tipe yang sangat romantis,
menyukai keindahan, menyenangi alam dengan udara yang sejuk. Seseorang yang
selalu memegang prinsip. Meski ujung-ujungnya prinsip itu yang akan
menghancurkan mereka. Dalam hal bercinta mereka mengidam-idamkan pria yang
penuh toleransi dan dapat dipercaya. Itu karena prinsip yang mereka punya harus
kamu ikuti sebagai orang yang mencintai dia.
Kapan dipakai warna hijau: Warna hijau cocok
dipakai untuk sore hari. Sedangkan hijau pastel cocok untuk siang hari.
PHIRUS
Warna phirus memberi arti
perlindungan, sembuh, rohani, kewanitaan dan cemburu.
PERAK
Warna perak memberi arti anggun,
glamour, tinggi, tidak tulus dan pengkhayal.
Perpaduan
Warna Hangat dan Warna Sejuk
UNGU
Warna ini adalah campuran warna merah dan biru yang melambangkan sifat Gempuran Keras yang dilambangkan oleh warna biru. Warna ungu memiliki arti positif kerohanian, kebangsawanan, ambisi, ningrat dan kemewahan. Sifatnya sedikit kurang teliti, penuh misteri, kemurungan, kegaiban tetapi selalu penuh harapan.
Warna ini adalah campuran warna merah dan biru yang melambangkan sifat Gempuran Keras yang dilambangkan oleh warna biru. Warna ungu memiliki arti positif kerohanian, kebangsawanan, ambisi, ningrat dan kemewahan. Sifatnya sedikit kurang teliti, penuh misteri, kemurungan, kegaiban tetapi selalu penuh harapan.
Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Ungu
Kalo cewe penyuka warna ungu adalah tipe yang
benar-benar luar biasa. Dalam menghadapi masa depan mereka tidak pernah
ragu-ragu, apa yang dikerjakan wanita tersebut adalah yang terbaik. Mereka
pandai dalam mengikuti perkembangan jaman.
Warna-warna
Lain
Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Putih
Mereka adalah orang yang dilahirkan ke dunia
dengan sempurna, (Meski kita semua tau, ngga ada yang sempurna)
banyak orang mengagumi wanita itu karena sifatnya yang anggun, sifat idealis
dan moral mereka yang teramat tinggi. Tak pernah angkuh, senang menolong siapa
saja yang membutuhkan bantuan.
HITAM
Warna ini melambangkan kehidupan yang terhenti dan kerananya memberi kesan kehampaan, kedukaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakkan dan kepunahan. Akan tetepi Hitam juga bisa memberi arti Elegan, kuat, sophisticated, untuk menyatakan sesuatu yang abadi, klasik, dan secara universal dianggap sebagai warna yang melangsingkan.
Warna ini melambangkan kehidupan yang terhenti dan kerananya memberi kesan kehampaan, kedukaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakkan dan kepunahan. Akan tetepi Hitam juga bisa memberi arti Elegan, kuat, sophisticated, untuk menyatakan sesuatu yang abadi, klasik, dan secara universal dianggap sebagai warna yang melangsingkan.
Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Hitam
Mereka termasuk tipe orang yang sangat lincah
dalam hal-hal tertentu saja. Kalo mereka berada di lingkungan yang tidak
disukai, maka mereka akan menjadi murung. Jadi jauhkan dia dari tempat yang dia
tidak suka. Wanita itu selalu tampil menarik, terus rapi, cukup banyak pria
berusaha mengejar dan merebut cintanya.
Kapan dipakai warna hitam: Khawatir Anda akan memakai gaun
dengan warna sama dalam pesta? Tambahkan sedikit keceriaan, misalnya gunakan
perona mata cerah, kalung bebatuan, cat kuku warna merah, atau stiletto warna
silver. Warna hitam mudah dipadukan dengan aksesori jenis apa pun.
ABU-ABU
Warna ini tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi. Warna ini cenderung netral. Tetapi warna abu-abu bisa memberi arti Serius, bisa diandalkan dan stabil. Warna abu-abu adalah warna alam. Di alam, warna abu-abu merupakan warna yang permanen, misalnya batu atau karang.
Warna ini tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi. Warna ini cenderung netral. Tetapi warna abu-abu bisa memberi arti Serius, bisa diandalkan dan stabil. Warna abu-abu adalah warna alam. Di alam, warna abu-abu merupakan warna yang permanen, misalnya batu atau karang.
Kapan dipakai: "Abu-abu
adalah warna yang kuat dan praktikal." Saat wawancara kerja, pilih busana
warna ini untuk menunjukkan Anda orang yang bertanggung jawab. Tapi bila warna
ini dipakai dari atas hingga ke bawah Anda akan dianggap orang yang
membosankan. Beri sentuhan warna lain, misalnya atasan bercorak, sepatu cantik,
atau anting-anting yang manis.
COKLAT
Warna ini seringkali menunjukan ciri-ciri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan.
Warna ini seringkali menunjukan ciri-ciri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan.
Diolah dari berbagai sumber..
Langganan:
Postingan (Atom)