Minggu, 31 Maret 2013

DR. M Arie Mooduto



DR. M Arie Mooduto

DR. M. Arie Mooduto di lahirkan di Luwuk, Gorontalo tanggal 6 Mei 1946. Menamatkan S1, S2 dan S3 di Universitas Brawijaya, Malang.DR. M. Arie Mooduto memiliki banyak pengalaman pada bidang Perbankan & Keuangan, Bidang Pendidikan dan Bidang Lain yang berkaitan dengan Syariah:
  • Pada bidang Perbankan & Keuangan pernah menjabat antara lain sebagai:Director of International Center for Development in Islamic Finance, Direktur Bidang Syariah pada Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta, Direktur PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Jakarta, Komisaris Asuransi Takaful Keluarga (Asuransi Syariah) di Jakarta.
  • Pada Bidang Pendidikan, pernah menjabat antara lain sebagai:Tenaga Pengajar/Instruktur, Program Pendidikan/Pelatihan Perbankan Syariah BSM pada Lembaga Manajemen Fakustas Ekonomi Universitas Indonesia (LMFE-UI) di Jakarta, Tenaga Pengajar/Instruktur, Pengembangan Perbankan Syariah (PDPS) pada Bank Indonesia di Jakarta.
  • Disamping itu, pernah menjadi antara lain:Dewan Pakar Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jakarta, Dewan Pembina Pengurus Pusat Asosiasi BPR Syariah (ASBISINDO) di Jakarta, Dewan Penasehat Islamic Economics and Business Institute di Surabaya, Dewan Kurator BMT Institute di Jakarta, Salah seorang Pendiri 3 (tiga) BPR Syariah Pertama di Indonesia (di kabupaten Bandung 19-08-1991, sebelum berdirinya Bank Muamalat Indonesia).                                                 
Pada saat ini, DR. M. Arie Mooduto menjabat antara lain sebagai:Dosen Pascasarjana Program Doktor (S-3), Program Studi Ilmu Ekonomi Islam pada Universitas Airlangga di Surabaya, Dosen Pascasarjana MBA Program in Islamic Finance, Program Master (S-2) ITB-LPPI di Bandung dan Jakarta, Dosen Program Pascasarjana Magister Manajemen (S-2) pada Indonesia Banking School di Jakarta, Dosen Indonesia Banking School (IBS) di Jakarta, Tenaga Pengajar/Instruktur, International Center for Development in Islamic Finance, Indonesia Banking Development Institute (ICDIF-IBDI) di Jakarta, Tenaga Pengajar/Instruktur, Sekolah Staf Pimpinan Bank (SESPIBANK) pada Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta, Tenaga Pengajar/Instruktur di beberapa lembaga keuangan & perbankan syariah di Jakarta.

Sumber : http://ksd-lawfirm.com/index.php?option=com_content&view=article&id=64&Itemid=67

Detail lebih lengkap tentang ekonomi syariah berdasarkan pemaparan dari DR. M Arie Mooduto bisa dilihat di : http://www.ekonomisyariah.org/download/artikel/ARI%20Mooduto%202009-10.pdf

Inilah sosok DR. M Arie Mooduto. Kenal setelah acara Sarasehan Yatim Mandiri kemaren. Sungguh salut banget dengan sosok beliau dan bagaimana beliau berjuang mengenalkan ekonomi islami kepada masyarakat Indonesia melalui seminar-seminar, kepada mahasiswanya, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar