Minggu, 04 Maret 2012

ARTI WARNA


Warna ternyata bisa bicara banyak mengenai karakter, watak, sifat dan kepribadian seseorang. Warna pakaian yang Anda pilih ternyata menyampaikan pesan pada orang di sekeliling. Pesan itu bisa berarti menyejukkan, menggoda, gembira, atau menakutkan. Beberapa contoh psikologi warna dalam kehidupan sehari-hari misalnya, petugas keamanan yang memakai warna biru tua menyampaikan pesan berwibawa dan berkuasa, juru rawat yang memakai seragam warna hijau pupus menyiratkan kesan tenang dan damai.

Warna Hangat

MERAH
Merah adalah warna yang punya banyak arti, mulai dari cinta yang menggairahkan hingga kekerasan perang. Warna ini tak cuma mempengaruhi psikologi tapi juga fisik. Penelitian menunjukkan menatap warna merah bisa meningkatkan detak jantung dan membuat kita bernapas lebih cepat. Serta mengurangkan tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah. Warna ini mempunyai pengaruh produktivitas, perjuangan, persaingan dan keberanian serta kuat, berani, percaya diri, gairah, ketidaksabaran, kemarahan, peringatan dan bahaya.

Sifat dan karakter cowok penyuka Merah Terang
Warna ini melambangkan kekuatan kemauan atau cita-cita. Sifatnya : Agresif, Aktif, Eksentrik. Pengaruhnya : Berkemauan keras, penuh gairah, dominasi, jantan.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Merah
Termasuk tipe yang sangat berwibawa dan juga senang mengayomi teman yang lemah. Walau sering kali bergaul dan bercanda tapi wanita tersebut bisa menahan diri. Banyak pria mengatakan cinta, tapi mereka selalu berpikir dan berpikir lagi. Wanita ini termasuk tipe yang sulit jatuh cinta.

Kapan dipakai warna merah: Ini adalah warna yang dinamis dan dramatis. Bila dipakai dalam dunia profesional memiliki kesan yang sangat kuat. Tapi jangan gunakan baju merah saat wawancara kerja. "Warna ini bisa menimbulkan konflik saat negosiasi”. Kenakan warna merah hanya sebagai aksen, misalnya kamisol merah yang dipadankan dengan blazer abu-abu.

PINK
Warna ini melambangkan romantisme. Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka. Warna ini memiliki arti Cinta, kasih sayang, kelembutan, feminim. Warna yang disukai banyak wanita ini menyiratkan sesuatu yang lembut, bahagia dan menenangkan, tapi kurang bersemangat, ketidakdewasaan dan membuat energi melemah.

Sifat dan karakter cewek penyuka warna PINK
Sekilas saja, sepertinya kita sudah tau bahwa tipe cewek seperti ini sangat ceria, senang bergaul dan cenderung suka bermanja-manja (terutama pada orang yang dicintainya). Dia menyukai hal-hal yang berbau romantis.

Kapan dipakai warna pink: Bila ingin memberi kesan lebih sensual, jangan gunakan warna ini. Warna pink yang lembut cocok untuk acara kencan yang romantis, bukan menggairahkan.

KUNING
Warna ini melambangkan sifat kegembiraan, muda dan sifat spontan yang eksentrik serta dapat membangkitkan vitalitas system syaraf dan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Warna ini juga mempunyai sifat : Leluasa dan santai, Toleran, Investigatif, Menonjol, senang menunda-nunda masalah, tidak bertanggung jawab, penakut, Berubah-ubah tapi penuh harapan, dermawan, mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi.

Warna kuning akan meningkatkan konsentrasi, itu sebabnya warna ini dipakai untuk kertas legal atau post it. Kuning juga merupakan warna persahabatan.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Kuning
Memiliki optimisme yang tinggi, tipe periang dan senang bergaul, tidak memiliki penampilan yang loyo. Sifat tolong-menolong selalu ada dalam diri wanita penyuka warna kuning, karena menolong merupakan suatu kewajiban mutlak baginya. Tipe cewe seperti ini cenderung memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan  tidak pernah meremehkan siapapun juga, walaupun seseorang itu dungu atau bloon.

Kapan dipakai warna kuning: Banyak orang yang kurang pede memakai warna ini karena takut terlihat mencolok. Padahal warna kuning hadir dalam berbagai variasi, mulai dari pastel hingga kuning cerah. Bila Anda tak nyaman dengan busana warna ini, padankan dengan sesuatu yang Anda sukai, misalnya tas bunga-bunga warna kuning.

ORANGE
Warna orange mempunyai arti kehangatan, kepercayaan, keakraban, keberanian, keramahan. Warna ini juga dapat berarti ketidaktahuan.

EMAS
Warna emas mempunyai arti berharga, kekayaan, tradisional, kemakmuran, pemimpi dan ketamakan.

Warna Sejuk

BIRU
Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan pada tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme. Biru juga mempunyai arti kesetiaan, keheningan, keamanan, mencintai, percaya, sensitif dan bisa diandalkan. "Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit.” Meski langit kelabu dan akan hujan, kita tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru.

Biru Tua
Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam, kejantanan, kedinginan dan ketakutan. Sifatnya: Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif. Pengaruhnya : Tenang, Bijaksana, Tidak Mudah Tersinggung, Ramai kawan.

Biru Muda
Warna ini melambangkan keanjalan dari cita-cita. Sifatnya : Bertahan, Protektif, Tidak Berubah fikiran, menenangkan, imajinatif. Pengaruhnya : Keras Kepala, Teguh, Sering Bangga Diri, Berpendirian tetap, terisolasi, menimbulkan rasa malas.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Biru
Termasuk dalam tipe cewe pemurung, tidak terlalu menyenangkan dan selalu bertindak pasif dalam segala hal. Mendambakan ketenangan dan ketentraman. Selalu mendapat kesulitan dalam pergaulan. Demikian pula dalam bercinta karena mereka pintar dalam menyembunyikan perasaan. Memang ciri cewe yang tertutup banget

Kapan dipakai warna biru: Biru tua lebih cocok untuk acara formal atau seragam, sementara biru muda untuk yang sifatnya non formal. "Untuk memberi kesan humor dan kreatifitas, cobalah campuran warna biru dan ungu."

HIIJAU
Warna ini melambangkan adanya suatu keinginan, Kesejukan, keberuntungan, kesehatan, ketabahan dan ketenangan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat : meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain, kesalahan, iri hati, kecemburuan, kekacauan. Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain.

Hijau juga melambangkan alam, kehidupan, dan simbol fertilitas/kesuburan. Para pengantin di abad 15 menggunakan gaun pengantin berwarna hijau.

Ada satu peristiwa unik yang berkaitan dengan warna. yakni, di kota London, ada sebuah jembatan bernama "Black Freire" yang terkenal dengan sebutan "jembatan bunuh diri". Julukan ini diberikan karena banyaknya kasus bunuh diri yang dilakukan di atas jembatan tersebut. Untuk mengubah citra buruk ini, pemerintah setempat mengganti warna jembatan yang semula berwarna cokelat tua menjadi hijau terang. Ternyata setelah penggantian warna ini, angka bunuh diri di jembatan tersebut menurun drastis.

Keunikan-keunikan dampak warna hijau di atas disebabkan medan mata untuk memandang warna hijau lebih kecil daripada medan pandang warna-warna lainnya. Panjang gelombang warna hijau juga sedang, tidak sepanjang warna merah dan tidak sependek warna biru.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Hijau
Cewek ini adalah tipe yang sangat romantis, menyukai keindahan, menyenangi alam dengan udara yang sejuk. Seseorang yang selalu memegang prinsip. Meski ujung-ujungnya prinsip itu yang akan menghancurkan mereka. Dalam hal bercinta mereka mengidam-idamkan pria yang penuh toleransi dan dapat dipercaya. Itu karena prinsip yang mereka punya harus kamu ikuti sebagai orang yang mencintai dia.

Kapan dipakai warna hijau: Warna hijau cocok dipakai untuk sore hari. Sedangkan hijau pastel cocok untuk siang hari.

PHIRUS
Warna phirus memberi arti perlindungan, sembuh, rohani, kewanitaan dan cemburu.

PERAK
Warna perak memberi arti anggun, glamour, tinggi, tidak tulus dan pengkhayal.

Perpaduan Warna Hangat dan Warna Sejuk

UNGU
Warna ini adalah campuran warna merah dan biru yang melambangkan sifat Gempuran Keras yang dilambangkan oleh warna biru. Warna ungu memiliki arti positif kerohanian, kebangsawanan, ambisi, ningrat dan kemewahan. Sifatnya sedikit kurang teliti, penuh misteri, kemurungan, kegaiban tetapi selalu penuh harapan.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Ungu
Kalo cewe penyuka warna ungu adalah tipe yang benar-benar luar biasa. Dalam menghadapi masa depan mereka tidak pernah ragu-ragu, apa yang dikerjakan wanita tersebut adalah yang terbaik. Mereka pandai dalam mengikuti perkembangan jaman.

Warna-warna Lain

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Putih
Mereka adalah orang yang dilahirkan ke dunia dengan sempurna, (Meski  kita semua tau, ngga ada yang sempurna) banyak orang mengagumi wanita itu karena sifatnya yang anggun, sifat idealis dan moral mereka yang teramat tinggi. Tak pernah angkuh, senang menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan.

HITAM
Warna ini melambangkan kehidupan yang terhenti dan kerananya memberi kesan kehampaan, kedukaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakkan dan kepunahan.
Akan tetepi Hitam juga bisa memberi arti Elegan, kuat, sophisticated, untuk menyatakan sesuatu yang abadi, klasik, dan secara universal dianggap sebagai warna yang melangsingkan.

Sifat dan karakter cewek penyuka Warna Hitam
Mereka termasuk tipe orang yang sangat lincah dalam hal-hal tertentu saja. Kalo mereka berada di lingkungan yang tidak disukai, maka mereka akan menjadi murung. Jadi jauhkan dia dari tempat yang dia tidak suka. Wanita itu selalu tampil menarik, terus rapi, cukup banyak pria berusaha mengejar dan merebut cintanya.

Kapan dipakai warna hitam: Khawatir Anda akan memakai gaun dengan warna sama dalam pesta? Tambahkan sedikit keceriaan, misalnya gunakan perona mata cerah, kalung bebatuan, cat kuku warna merah, atau stiletto warna silver. Warna hitam mudah dipadukan dengan aksesori jenis apa pun.

ABU-ABU
Warna ini tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi. Warna ini cenderung netral. Tetapi warna abu-abu bisa memberi arti Serius, bisa diandalkan dan stabil. Warna abu-abu adalah warna alam. Di alam, warna abu-abu merupakan warna yang permanen, misalnya batu atau karang.

Kapan dipakai: "Abu-abu adalah warna yang kuat dan praktikal." Saat wawancara kerja, pilih busana warna ini untuk menunjukkan Anda orang yang bertanggung jawab. Tapi bila warna ini dipakai dari atas hingga ke bawah Anda akan dianggap orang yang membosankan. Beri sentuhan warna lain, misalnya atasan bercorak, sepatu cantik, atau anting-anting yang manis.

COKLAT
Warna ini seringkali menunjukan ciri-ciri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan.

Diolah dari berbagai sumber..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar